Sabtu, 22 Oktober 2011

Problem Energi Indonesia

Energi Indonesia banyak bersandar pada minyak bumi. Dan minyak bumi ini bakalan habis. Padahal, jumlah penduduk tidak berkurang, malah bertambah.

saya kutipkan beritanya dari UGM

Konsumsi Energi Saat ini Cermin Kebijakan Energi 2050

Periode 40 tahun ke depan bukan merupakan waktu yang panjang bagi penentuan masa depan sebuah negara dan bangsa. Berbagai keputusan yang diambil saat ini merupakan pondasi penting bagi peradaban di tahun 2050.

Berbagai pilihan sikap yang dipakai saat ini merupakan potongan-potongan mozaik guna menyusun nasib dan wajah Indonesia 40 tahun mendatang. Demikian pula sikap yang diambil terkait kebijakan energi di Indonesia. "Karenanya cerminan kebijakan yang diambil di tahun 2050 tentu tidak muncul begitu saja, ia dapat dilihat dari proses kebijakan sebelumnya di tahun 2040, 2030, 2020, sehingga apa yang dikonsumsi tahun ini bisa menjadi cerminan kebijakan di tahun 2050," ujar Prof. Dr. Ir. Mukhtasor, M.Eng., Ph.D di Amarta Hall, Hotel Purosani Yogyakarta, Jum'at (21/10) di sela Seminar Nasional "Skenario Kebijakan Energi Indonesia Menuju Tahun 2050", hasil kerjasama Dewan Energi Nasional (DEN) dan Fakultas Teknik UGM.

Bagi Prof. Dr. Ir. Tumiran, M.Eng membicarakan skenario proyeksi kebutuhan energi di tahun 2050 merupakan keharusan, mengingat cadangan potensi energi semakin hari semakin menipis. Hampir semua energi minyak bumi saat ini habis untuk memenuhi kebutuhan energi transportasi, industri dan kelistrikan.

Sehingga diperlukan pemikiran dan pengelolaan energi alternatif guna memenuhi kebutuhan energi di tahun 2050. Seperti pengelolaan energi gas, secara ekonomi dalam UU Energi terbaru memberi prospek pada suplai energi di tahun 2050. "Tentu saja semua ini dengan mempertimbangkan dimensi lokal-global serta berbagai permasalahan lingkungan yang dihadapi Indonesia," paparnya.

Pendapat senada disampaikan Kepala BP Migas, Ir. R. Priyono. Dikatakannya, saat ini dan kedepan semakin kesulitan mencari titik sumber minyak bumi, bahkan upaya untuk menemukan titik sumber semakin kecil. Oleh karena itu Indonesia dalam waktu 15 tahun kedepan idealnya memasuki era energi gas.

Hanya saja, kata Priyono, Indonesia masih mengalami kesulitan membangun infrastruktur untuk mengembangkan energi gas. "Pemerintah mestinya memperhatikan permasalahan ini, sebab energi gas berbeda dengan minyak yang bisa di kemas dalam botol, jerigen dan lain-lain, sementara energi gas menuntut kemasan yang berbeda," katanya. (Humas UGM/ Agung)

Tidak ada komentar: